Sunday 1 October 2017

Suciwan Persamuan Kolam Teratai 11



Suciwan Persamuan Kolam Teratai
(Bagian 11)
Master Hai Xian selalu mengajari murid-muridnya, jika hendak menjadi Bhiksu yang baik, terlebih dulu belajar ketrampilan bunda. Maret 2012, Ketua Vihara Yuanming, Master Yinrong mengundang Master Hai Xian tinggal di Vihara Yuanming, mempersembahkan sehelai jubah kepada Master Hai Xian, Master mengenakannya dan merasa sedikit kepanjangan, saat itu beliau langsung mengeluarkan benang dan jarum, menjahit lipatan tepi jubah, melihat hal ini, selain timbul rasa salut, adakah lagi kesan lainnya?

Peribahasa Buddhis menyebutkan : “Saat mengambil jarum, senantiasa teringat akan Kumarajiva yang menelan jarum demi menasehati Bhiksu lainnya, mudah dicerna; setelah makan tidak meneladani kelapangan hati Maitreya, setetes air pun sulit dicerna”. Selama ribuan tahun, berapa orang praktisi yang dapat menyerupai Master Hai Xian?

Tahun 2012, sehari sebelum Festival Pertengahan Musim Gugur, ada beberapa umat dari Nan`yang, datang ke Lai-Fo-Si mengunjungi Master Hai Xian, mendadak sifat kekanak-kanakan Master muncul, beliau memanjat ke atas sebatang Pohon Persimmon dan memetik Buah Persimmon.

Hadirin yang melihatnya bercanda, cukup melihat pertunjukan ini saja, yang lainnya tidak perlu dilihat lagi. Kurang ajar, dibilang juga tidak percaya, benar-benar menakjubkan, menyaksikan secara langsung barulah tahu.

Master Zhaozhou adalah Bhiksu Zen dari Dinasti Tang, oleh karena berkelana pada usia 80 tahun sehingga jadi pujian, tetapi kalau dibandingkan dengan Bhiksu yang cuma tahu melafal Amituofo ini, mungkin Master Zhaozhou sendiri juga harus mengeluh, nyerah deh! Namo Amituofo sungguh menakjubkan tak terbayangkan, secuilnya dapat disaksikan di sini!


海会圣贤
(十一)
 贤公常教诫弟子们说:「要做好和尚,先做好婆娘。」二○一二年三月,圆明寺住持印荣法师接老和尚到圆明寺小住,孝敬老人家一件僧袍,老人家试穿一下,感觉有点长,当即自己飞针走线缭起了袍边。这个精彩的画面被前来寺院礼佛的一位居士抓拍了下来,成为世间最为珍稀的镜头。

 看到此处,不知大家除了惊叹之外,还作何感想呢?佛门有联语曰:「投起针来,果能罗什译经,寸金易化;吃了饭去,不学弥勒大肚,滴水难消。」能如贤公者,千年试问几人比?

 二○一二年中秋节前夕,南阳有几位居士到来佛寺看望贤公,贤公忽然童心大发,硬是要上寺院的一棵柿子树上给大家摘柿子吃。大伙见此场面,无不叹为观止!一位留心的居士拿出摄像机,为大家录下了这段精彩至极的视频资料。

 岂有此理,说也不信;真正绝妙,到者方知。」唐代禅门高僧赵州和尚因八十行脚而被传为千古美谈,可是要和咱们这位只会称念一句弥陀圣号的荒庵老僧相比,恐怕连赵州禅师自己也该自叹弗如啦!六字洪名之微妙难思,于此处亦可见一斑!