Monday 9 October 2017

Kata Dharma Master Hai Xian 08



Kata Dharma Master Hai Xian
賢公老和尚語錄

8. Melihat Apa Saja Juga Bilang Bagus
八、見啥都說好

Saya tidak pernah mengecap pendidikan, tidak mengenal aksara sama sekali, setelah menuju ke atas gunung dan ditahbiskan, guru hanya mengajariku melafal Amituofo, mengajariku kalau sudah paham, jangan sembarangan mengatakannya keluar, tidak boleh dikatakan keluar, juga jangan menggunakan gerak gerik untuk mengungkapkan keluar.
我沒有上過一天學,不認得一個字,上山剃度後,師父就教俺光念阿彌陀佛,教俺明白了不要亂說,不能說,不要指手劃腳。

Uruslah mulutmu baik-baik, jangan sembarangan bicara!
你管好你的嘴,不要亂說話!

Jangan menggunakan gerak-gerik untuk mengatakannya, pakai mulut berbicara, jangan menggunakan tangan.
你不要指手劃腳的,用嘴說,手別說。

Jangan melontarkan kata-kata yang menyakiti hati orang lain, juga jangan membual. Melontarkan kata-kata yang menyakiti hati orang lain, akan mengundang kebencian, semua orang takkan patuh padamu. Juga jangan timbul niat buruk, niat buruk hanya akan merugikan diri sendiri. 
說話不要言鑱口滿(尖銳刻薄狂妄),能吃過天食,不說過天話(不能太狂妄),說話口滿招人恨,犯眾人忤。也不要生壞念頭,有壞念頭吃虧的是自己。

Lebih baik tidak bervegetarian namun mulut melafal Amituofo, tetapi tidak boleh sebaliknya, bervegetarian namun mulut memaki orang. Jangan melontarkan kata-kata yang menyakiti orang lain, jangan membual, jangan timbul niat pikiran buruk.
寧可葷口念佛,不可素口罵人。不可說話口滿,不可心生惡念。

Berbicara dengan orang lain jangan pakai emosi, sikap hendaknya harmonis. Kalau memakai emosi, lain kali orang lain tidak berani bicara denganmu lagi, anda jadi kehilangan kesempatan untuk menyelamatkan para makhluk, bahkan juga dapat memutuskan jiwa Dharmakaya-nya. Saat ajalmu menjelang juga akan merintangi dirimu, jangan sampai tidak diperhatikan!
對人說話不要氣沖沖的,態度要和氣。你這次氣沖沖的,下次他有話也不敢對你說了,你就失去了度眾生的機會,甚至說會斷他的法身慧命。等你臨命終時也會障礙你,不得不注意啊!

Didalam mataku, segalanya adalah bagus, tidak ada yang tidak bagus. Melihat apa saja juga bagus, melihat apa saja juga merasa gembira, di dalam hati barulah senantiasa berbahagia dalam Dharma, di dalam hati barulah dapat suci, barulah tidak memiliki beban pikiran, barulah takkan muncul amarah dan membenci orang lain. Tidak ada perbedaan ini yang bagus dan itu yang jelek, juga tidak ada ini makanan lezat dan itu tidak enak, segalanya menuruti apa adanya, hatipun jadi tenteram!
在我眼裡,一切都好,沒有啥不好的。見啥都說好,見啥都高興,心裡才能經常充滿法喜,心裡才能清淨,才無煩惱,才不生氣恨人。沒有這好那壞之分,也沒有這好吃、那不好吃的啦,一切都隨緣,心裡就安心踏實啦!