Thursday 6 July 2017

Apakah Boleh Melakukan Visualisasi?


Apakah Boleh Melakukan Visualisasi?

Tanya :
Ketika melafal Amituofo, sambil melakukan visualisasi, setiap patah Amituofo yang dilafal, menyalurkan padaku energi dan cahaya, apakah cara begini sesuai dengan Dharma?

Master Chin Kung Menjawab :
Ada orang yang menggunakan cara ini, namun sebaiknya anda jangan menggunakan cara begini. Apabila cara ini digunakan dalam jangka panjang, maka anda dapat merasakan energi dan cahaya memasuki tubuh anda, anda akan merasa kegirangan, angkuh, lihatlah, ketrampilan melatih diri yang kumiliki lebih bagus daripada orang lain, begitu niat pikiran begini timbul, jadi kerasukan Mara, bukankah ini namanya cari masalah sendiri!   

Maka itu kunci dari melatih diri adalah ketulusan, yang umum dan biasa-biasa saja, jangan memakai apa yang tampak lain atau khusus. Kesimpulannya adalah mesti melepaskan segala khayalan, segala sesuatu yang berwujud adalah semu, bukan nyata adanya, maka itu Sutra Intan menyebutkan bahwa “Segala sesuatu yang memiliki rupa atau wujud, semuanya adalah khayalan semu”. “Segala sesuatu yang merupakan perpaduan dari empat unsur (tanah, air, api dan angin), adalah bagaikan mimpi, khayalan, gelembung air dan bayangan”, buat apa anda melekat pada semua ini?

Asalkan anda tidak melekat padanya, maka akan muncul dengan sendirinya; sebaliknya dengan kemelekatan dan muncul, ini belum tentu hal baik.  

Dikutip dari :
Tanya Jawab Edisi 103
Tanggal : 10 Oktober 2008
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation
Kode Naskah : 21-483-01


問:下面一個問題,念佛時,觀想每念一句阿彌陀佛,給我注入能量和光,是否如法?

淨空法師解答:有人用這個方法,但是最好你都不用這些方法。如果這個方法用久了,你會感覺得能量跟光進到你身體去了,你自己會產生歡喜、會產生傲慢,你看我的功夫比別人好,這個念頭一生又著魔了,你不叫多事嗎!所以學貴老實,學貴平常,不要有什麼特殊,這就是最好的。總而言之,要放下這一切幻相,現相都不是真的,所以《金剛經》,過去無論學哪個宗派,無論學哪個法門,沒有不讀《金剛經》的。《金剛經》是什麼意思?《金剛經》叫你萬緣放下,「凡所有相,皆是虛妄」,「一切有為法,如夢幻泡影」,你何必去執著這些?你不執著,自然現前;執著而現前,未必是好事。

文摘恭錄 — 學佛答問(答香港參學同修之一0三)  (共一集)   2008/10/10  香港佛陀教育協會  檔名:21-483-01