Sunday 1 October 2017

Suciwan Persamuan Kolam Teratai 08



Suciwan Persamuan Kolam Teratai
(Bagian 8)
Master Hai Xian pernah menetap di Tao-hua-dong di Gunung Tongbai, juga di Vihara Yuntai dan Vihara Tayuan, menggarap 14 lahan gunung tandus, membantu merenovasi 11 bangunan vihara, pernah dengan Bhiksu senior yakni Master Hai Mo, Master Hai Yuan, Master Ti Guang, menyelenggarakan kebaktian bersama di Vihara Tayuan.

Master Hai Mo berasal dari keluarga terpelajar, suka mempelajari ajaran sutra, memberi ceramah Dharma. Tanggal 23 September 1968, Master Hai Mo mengasingkan diri melafal Amituofo, membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, akhirnya mengetahui terlebih dulu waktunya terlahir ke Alam Sukhavati, meninggal dunia dalam posisi duduk bersila.

Master Hai Yuan memiliki bakat dan kebijaksanaan yang melampaui orang biasa, sepanjang hidupnya membaca “Surangama Sutra”, melatih metode ganda, yakni metode Dhyana dan metode Sukhavati, pernah menetap di Vihara Lingguang, Beijing, selama 21 tahun lamanya, untuk menjaga Stupa Relik Gigi Buddha Sakyamuni.

Tanggal 1 Februari 2000, Master Hai Yuan wafat pada usia 96 tahun, setelah dikremasi muncul relik yang jumlahnya hampir mencapai dua ribu butir banyaknya.

Master Ti Guang memiliki akar kebijaksanaan yang melampaui awam, pernah belajar pada Master Xu Yun, Master Yuan Ying dan praktisi senior lainnya, wafat pada tanggal 24 Januari 2005.

Praktisi tempo dulu berkata : “Dengan hati yang tulus barulah dapat memperoleh manfaat, kalau bukan mengalaminya secara langsung, tidak tahu kesulitannya”.   

Master Hai Xian setiap kali menceritakan masa lalunya, pasti memuji pelatihan diri ketiga Master tersebut. Kerendahan hati dan kelapangan hatinya memuji praktisi lainnya, membuat orang lain merasa salut dan hormat padanya.


海会圣贤
(八)
贤公曾先后在桐柏山的桃花洞、云台寺、塔院寺常住,开垦过十四片荒山,助人修建过十一所道场,曾与宗门高僧海墨法师(字大黑)、海圆法师(字性空)、体光法师(法名印玄)一起在塔院寺结庐共修(约在民国二十九至三十一年之间)。

 海墨法师出身书香门第,曾是黄埔的学员,喜研经教,擅长演说。一九六八年,阴历九月二十三日,海墨法师闭关念佛,求生极乐,最终预知时至,趺坐而寂。

 海圆法师才智超群,一生持诵《楞严经》,禅净双修,曾在北京灵光寺守护佛牙舍利塔二十一年。己卯年腊月二十六日(二○○○年二月一日),九十六岁高龄的海圆法师安详示寂,荼毗后拾得五彩舍利近两千颗。

 体光法师根性非凡,曾亲近过虚云老和尚、圆瑛法师、来果禅师等大德高僧,深得虚云老和尚嘉许。甲申年腊月十五日(二○○五年元月二十四日),体光法师端坐入灭,被公认为是得虚云老和尚心印者。

 古德曰:「心至虚时能受益,事非经过不知难。」贤公每每提及这段往事,无不极力赞叹三位法师的修持功夫。其自卑而尊人的广阔胸襟,令人不知不觉便从心底由衷地生起钦敬之意。