Monday 9 October 2017

Kata Dharma Master Hai Xian 03


Kata Dharma Master Hai Xian
賢公老和尚語錄

3. Sesama Anggota Sangha Saling Memuji
三、僧讚僧

Saya menggenggam buku berjudul “Jika ingin Buddha Dharma berjaya, hanya dengan sesama anggota Sangha saling memuji”, kalian tolong memotret diriku.
我拿著(《若要佛法興,唯有僧讚僧》)這個本兒,你們給我照張相。`

Master Chin Kung adalah seorang Bhiksu senior yang berpengetahuan dan berpandangan serupa Buddha, beliau dapat berdiam di dunia ini memberi ceramah Dharma, merupakan pahala besar para makhluk, semoga semua orang dapat bersatu hati, bersama-sama menyebarluaskan Buddha Dharma, memberi manfaat kepada semua makhluk. Mesti menjaga Vaci Kamma (karma yang dilakukan melalui mulut/ucapan), jangan sampai memfitnah insan suci dan bijak.
淨空法師是一位佛知佛見的大德高僧,老法師能住世弘法是眾生的大福報,希望大眾能團結一心,共同光大佛法、廣利眾生。一定要善護口業,千萬不可毀謗聖賢人。

Master Chin Kung merupakan insan berkebijaksanaan tinggi. Mesti menjaga Vaci Kamma (karma yang dilakukan melalui mulut/ucapan), jangan sampai memfitnah insan suci dan bijak! Jangan melontarkan kritikan pedas, yang menyakiti hati orang lain, ini tidak baik!
淨空法師那是大智慧人。一定要善護口業,千萬不可毀謗聖賢人!說話口滿啦可不好啊!

Harus mendengar ceramah Dharma yang disampaikan Master Chin Kung, jangan sampai melewatkan kesempatan mencapai KeBuddhaan di masa kehidupan sekarang, jangan mendambakan harta kekayaan dan jalinan asmara yang menyesatkan di dunia ini, setelah melewati dusun ini maka takkan tampak kedai ini lagi, dunia ini adalah semu, jangan melanjutkan melewati kehidupan sengsara di alam saha ini lagi.  

Alam Sukhavati begitu bagus, baik-baiklah melafal Amituofo supaya dapat terlahir di sana, mengapa tidak baik-baik melafal Amituofo? Master Chin Kung memberi ceramah Dharma adalah menuntun kita ke Alam Sukhavati, ke mana lagi kita dapat menemukan hal sebaik ini? Baik-baiklah melafal Amituofo di dalam hati, apa yang harus dikerjakan maka kerjakanlah dengan beres, tidak boleh menganggur dan bermalas-malasan, asalkan hati nan suci, hanya memuat Amituofo, tidak ditaruh hal-hal lainnya, maka takkan menunda pencapaian KeBuddhaan.
一定要聽淨空老法師講的法,可別錯過了今生成佛的機會,不要貪戀凡塵的錢財和迷情,過了這個村就沒有這個店了,世間是一場空,不要在娑婆世界繼續再過這苦日子了。極樂世界那麼好,好好念佛就能去,為什麼不好好念佛呢?老法師講經就是來接我們的,還往哪兒能找到這樣的好事呢?心裡好好念佛,事該做的還是要做,不能不做,只要心裡清淨,只有阿彌陀佛,不裝別的事,不會耽誤成佛。

Bakti Master Dahei sungguh menggugah Langit dan Bumi! Menurut dugaanku, beliau saat menjalani masa perkabungan selama tiga tahun, menjaga makam sambil melafal Amituofo selama tiga tahun, saat itu beliau telah mencapai pencerahan. Master Dahei memiliki lidah fasih trampil berceramah, sutra apa saja mampu dijelaskannya. Sedangkan saya hanya bisa bercocok tanam dan bekerja, sutra apapun tidak pernah dipelajari, cuma tahu melafal Amituofo saja.
大黑老和尚的孝心那真是感天動地呀!我估計他應該是在守墓念佛的三年中就開悟了。大黑老和尚好辯才,什麼經都會講。我只會種地幹活,啥經都沒學過,就會念阿彌陀佛。

Ketekunan yang dimiliki Master Hai Yuan tidaklah awam! Ketika kami berada bersama, dia sering lupa makan, lupa tidur.
海圓修行那不是一般的精進啊!我們在一起的時候,他經常會忘記吃飯、忘記睡覺。