Monday 9 October 2017

Kata Dharma Master Hai Xian 04




Kata Dharma Master Hai Xian
賢公老和尚語錄

4. Tidak Memohon Maka Karakter Diri Bertambah Mulia
四、無求品自高

Betapa lincahnya insan yang rajin bekerja! Apa yang sanggup dikerjakan sendiri maka kerjakanlah sendiri, tidak perlu mengharapkan orang lain.
做人活多呀!自己能幹的就自己幹,不要指望別人。

Kapan saja jangan merepotkan orang lain! Dalam keseharian mereka mengambilkan nasi buatku, banyak juga bagus, sedikit juga bagus, saya takkan berkomentar apa-apa, berapa banyak yang ditaruh itulah yang dimakan, kalau bukan demikian, maka orang lain harus jalan bolak-balik untuk mengambilkan nasi buat kamu, saya takkan sudi merepotkan orang lain!
什麼時候都不要給別人添麻煩!平時他們給我盛飯,多也好,少也好,我都不會說啥,盛多少吃多少,不然人家還要跑來跑去,我不願麻煩別人!

Hal apa saja janganlah merepotkan orang lain, kerjakan saja sendiri, apakah anda tidak pernah mendengar peribahasa, “Manusia yang tidak memohon karakter dirinya bertambah mulia”? Jangan mengikat permusuhan dengan siapapun, mengikat permusuhan adalah dikarenakan melekat pada keakuan. Di dunia ini segala hal adalah semu, bersaing dan berebutan, pada akhirnya hanyalah sebuah kekosongan, saling bersaing dan berebutan saat ajal menjelang hanya berhasil menguasai sejengkal tanah. Apa yang patut diperebutkan? Asalkan baik-baik melafal Amituofo, sampai di Alam Sukhavati, semuanya telah tersedia.
啥事都不要求人,啥事都要自己做,你沒聽人家常說,人到無求品自高嗎?不能給任何人結冤仇,結冤仇就是自己有我執。世上啥都不是真實的,爭東佔西,到頭還是一場空,爭來佔去,臨死只佔一席地。有啥好爭的呢?只要好好念佛,去極樂世界什麼都有。

Anggota Sangha janganlah mempersoalkan sandang, juga jangan permasalahkan pangan, janganlah memaksakan kehendak, jangan mengharapkan persembahan dana dari umat. Apabila ada umat yang mempersembahkan dana kepadamu, anda juga tidak boleh menolaknya. Setelah itu anda boleh menaruhnya ke dalam kotak dana atau untuk mencetak sutra, jangan sampai menggunakannya untuk kesenangan sendiri.

Kala musim panas, pakaian yang dikenakan asalkan dapat menutupi keseluruhan raga, maka ini sudah boleh, kala musim dingin asalkan tidak merasa dingin, maka ini sudah boleh. Makan asalkan bisa mengganjal perut, maka ini sudah boleh. Pakaian dan makanan yang membuatmu nyaman akan mengurung niatmu terlahir ke Alam Sukhavati.
出家人不要講究穿,不要講吃,不要攀緣,不要希望別人供養你。人家供養你,你也不能說不要,你接過來放在功德箱裡或是印經書都行,千萬不要用在個人享受上。夏天穿的衣服能遮體就行,冬天穿的不冷就行。吃飯,不管什麼飯能充飢就行了。穿的好了,吃的好了,西方你就不想去了。

Datang dan pergi dengan bebas tanpa rintangan, jangan cari umat untuk menangani urusan. Umat awam memiliki pekerjaan mereka sendiri, anggota Sangha juga memiliki urusan sendiri, masing-masing menyelesaikan kewajiban sendiri.
輕來輕去的,不要去找在家人辦事。在家居士有在家的工作,出家人有出家人的事,各幹各的。

Minum air putih menyehatkan dan praktis, juga untuk menghindarkan umat keluar uang buat belanja daun teh mempersembahkannya kepada kita. Hobi minum teh juga merupakan tabiat. Air putih juga serupa dapat menghilangkan dahaga, kenapa mesti minum teh?
喝白開水好,喝白開水簡單,也免得居士們再破費很多錢來供養咱們茶葉。愛好喝茶,也是習氣。白開水一樣能止渴,為啥非要喝茶?

Mengerjakan apa saja janganlah takut susah, saya tidak pernah berhenti menggarap dan bercocok tanam, pasti ada hasilnya. Hasil panen dapat dijadikan pangan, tanah yang digarap dapat ditanami sayur, kalau dibiarkan begitu saja, sampai kapan barulah ada hasilnya?  
幹啥事你不要怕作難,我不停地挖,總能給它挖出來。挖出來能燒鍋,騰出地來又能種菜,你放這兒等著它自己爛得啥時候啊?

Bukankah cuma berdarah sedikit, apa yang perlu ditakuti? Nasinya taruh dulu di sana, setelah kerjaanku selesai barulah makan.
不就一點兒血嘛,怕啥呢?飯先放那兒涼一涼,我把它劈開再去吃。