Tuesday 20 June 2017

Ceramah Venerable Ding Hong



Tanya Jawab Tentang Bodhisattva Maitreya

Tanya :
Ketika mengikuti kebaktian di vihara, melantunkan gatha sampai pada bait “Semoga bersua pada Tiga Persamuan Nagapuspa, membabarkan Dharma Sejati”, apa maknanya?

Venerable Ding Hong Menjawab :
Tiga Persamuan Nagapuspa adalah membahas tentang Bodhisattva Maitreya yang kelak akan lahir ke dunia mencapai KeBuddhaan, dengan gelar Buddha Maitreya. Bodhisattva Maitreya memiliki pahala yang sangat besar, dalam menyelamatkan para makhluk tidak begitu bersusah payah, tidak serupa dengan Guru Pembimbing kita yakni Buddha Sakyamuni, membabarkan Dharma hingga 49 tahun lamanya, lebih dari 300 persamuan.      

Tentunya Buddha Sakyamuni takkan merasa capek, Sang Buddha tidak memiliki niat pikiran, bagaimana mungkin bisa merasa bersusah payah? Sedangkan bagi kita yang awam ini, melihat Sang Buddha begitu lelah, siang malam sibuk membabarkan Dharma.

Lihatlah guru kita, Master Chin Kung, sehari memberi ceramah selama 4 jam, kita yang awam ini, melihat beliau begitu bersusah payah. Ini dikarenakan akar kebijaksanaan kita yang tumpul, pahala juga kecil, lagi pula rintangan karma kita begitu berat, sehingga harus merepotkan para Buddha dan Bodhisattva setiap hari giat berusaha untuk memberi ceramah Dharma, menyelamatkan diri kita.  

Tetapi para makhluk yang diselamatkan oleh Bodhisattva Maitreya memiliki akar kebijaksanaan yang tajam, rintangan karma yang amat ringan, pahala juga sangat besar, makanya hanya perlu membabarkan Dharma sebanyak tiga persamuan.  Dalam “Tiga Persamuan Nagapuspa”, seluruh makhluk yang berjodoh dengan Buddha memperoleh penyelamatan.

Maka itu di sini dikatakan bahwa “Semoga bersua pada Tiga Persamuan Nagapuspa”, adalah berharap kelak ketika Bodhisattva Maitreya lahir ke dunia mencapai KeBuddhaan, kita dapat ikut menghadiri tiga persamuan tersebut, menjadi pengikut Buddha Maitreya, mendengar pembabaran DharmaNya.

Tetapi setelah kita terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, kemudian bertekad kembali lagi untuk menyelamatkan makhluk lainnya, maka status kita sudah tidak sama lagi, status kita telah menjadi Bodhisattva Avaivartika. Maka itu dalam “Tiga Persamuan Nagapuspa”, status kita bukanlah orang awam, kita membantu Buddha Maitreya menyelamatkan para makhluk.  

Jadi kita datang kembali dari Alam Sukhavati, sekarang kita memiliki tekad begini, kelak bersua di “Tiga Persamuan Nagapuspa”. Andaikata anda sekarang tidak terlahir ke Alam Sukhavati, maka anda mungkin tidak berdaya bersua dalam persamuan tersebut. Oleh karena saat itu anda entah ada di alam mana sedang menjalani siksaan, maka itu terlebih dulu anda mesti berhasil terlahir di Alam Sukhavati.

“Membabarkan Dharma Sejati”, yakni membahas setelah Bodhisattva Maitreya mencapai KeBuddhaan, akan memutar roda Dharma, membabarkan Dharma Sejati. Lantas Pintu Dharma mana saja yang akan dibabarkan oleh Buddha Maitreya nantinya? Saya katakan pada hadirin sekalian, Buddha Maitreya akan membabarkan Pintu Dharma Tanah Suci, menasehati seluruh hadirin di persamuan agar melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati di penjuru barat.  

Lantas anda bertanya pula, bagaimana saya bisa tahu dan begitu memastikannya? Ya, saya begitu yakin dan pasti. Apa alasannya? Ada beberapa poin, yakni yang pertama adalah Bodhisattva Maitreya sewaktu menghadiri Persamuan di Gunung Grdhrakuta, langsung mewarisi Pintu Dharma Tanah Suci dari Buddha Sakyamuni. Di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas” hal ini diungkapkan dengan sangat jelas. Ada dua sosok utama dalam “Sutra Usia Tanpa Batas”, yang pertama adalah Y.A.Ananda, yang kedua adalah Bodhisattva Maitreya, bahkan Buddha Sakyamuni langsung mewariskan Pintu Dharma Tanah Suci kepada Bodhisattva Maitreya, berpesan agar menyebarluaskannya.

Maka itu, Bodhisattva Maitreya harus memikul tanggung jawab ini, misi untuk menyebarluaskan Pintu Dharma Tanah Suci, misi ini merupakan patra dan jubah yang diwariskan Buddha Sakyamuni kepada Bodhisattva Maitreya.

Buddha Sakyamuni merupakan Buddha di urutan ke-4 dari Bhadrakalpa, Bodhisattva Maitreya berada di urutan ke-5. Jubah dan patra Buddha akan diwariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya, sampai ketika Bodhisattva Maitreya mencapai KeBuddhaan nanti, apakah mungkin Beliau takkan membabarkan Pintu Dharma Tanah Suci? Mustahil!

Andaikata Buddha Maitreya tidak membabarkan Pintu Dharma Tanah Suci, maka Beliau telah mengabaikan tanggung jawab yang telah diserahkan Buddha Sakyamuni kepadanya.

Lagi pula Bodhisattva Maitreya juga senantiasa berkunjung ke Alam Sukhavati, jodohNya dengan Alam Sukhavati telah sedemikian mendalamnya. Bagaimana kita bisa mengetahuinya? Di dalam “Avatamsaka Sutra Bab Pelaksanaan Tekad Bodhisattva Samantabhadra” tercantum bahwa ketika kita sampai di Alam Sukhavati, langsung bisa bersua dengan Bodhisattva Maitreya. Maka itu apabila kita ingin bersua dengan Bodhisattva Maitreya, sampai di Alam Sukhavati sudah bisa bertemu denganNya.    

Sampai saat berlangsungnya “Tiga Persamuan Nagapuspa”, tubuh jelmaan Bodhisattva Maitreya masih ada di Alam Sukhavati, Beliau akan mengundangmu ikut menghadiri “Tiga Persamuan Nagapuspa”, maka anda sudah dapat mewujudkan “Semoga bersua pada Tiga Persamuan Nagapuspa, mendengar Buddha Maitreya membabarkan Pintu Dharma Tanah Suci”.     

Apalagi Pintu Dharma Pelafalan Amituofo dibabarkan oleh para Buddha di sepuluh penjuru, tidak ada satupun Buddha yang tidak membabarkan Pintu Dharma Tanah Suci, demikian pula dengan Buddha Maitreya juga tak terkecuali.

Maka itu kita sungguh beruntung pada satu masa kehidupan ini, telah memperoleh Dharma Sejati yang akan dibabarkan Buddha Maitreya dalam “Tiga Persamuan Nagapuspa” kelak, anda tidak perlu menunggu hingga begitu lama, di dalam “Tiga Persamuan Nagapuspa” barulah berkesempatan mendengar pembabaran Pintu Dharma Tanah Suci, sekarang juga anda telah berhasil memperolehnya.

Anda hanya perlu membangkitkan ketulusan melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, sampai di Alam Sukhavati, ketika waktunya tiba, anda akan turun ke dunia ini berbarengan dengan Bodhisattva Maitreya, bahkan anda merupakan saudara seperguruan dengan Bodhisattva Maitreya. Mengapa demikian?

Oleh karena Bodhisattva Maitreya di Alam Sukhavati juga merupakan siswa Buddha Amitabha, setelah anda terlahir di Alam Sukhavati, anda juga merupakan siswa Buddha Amitabha, jadi hubungan anda dengan Bodhisattva Maitreya adalah saudara seperguruan. Turun ke dunia nantinya, anda akan mendukung dan membantu mewujudkan misi kakak seperguruan anda yakni Buddha Maitreya.

Jadi buat apa anda harus ikut-ikutan dengan mereka, menunggu waktu hingga sekian lama demi ikut menghadiri “Tiga Persamuan Nagapuspa” barulah berkesempatan mendengar pembabaran Dharma, mereka-mereka itu akan menjadi siswa Buddha Maitreya, jadi merupakan junior anda, cobalah pikirkan, betapa beruntungnya kita-kita ini. Bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci, jangan sampai terlewatkan begitu saja, pada satu masa kehidupan ini juga MESTI terlahir ke Alam Sukhavati.

Petikan Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-154
Tanggal : 31 Maret 2012





定弘法師解答:龍華三會是講彌勒菩薩當來下生成佛,彌勒尊佛。他老人家福報特別大,度眾生沒那麼辛苦,不像咱們的本師釋迦牟尼佛,講經說法四十九年,說法三百餘會挺辛苦的。當然佛本身他不辛苦,他沒有念頭,他怎麼會辛苦?我們凡夫看他挺辛苦的,一天到晚都在講經。你看像我們師父上人一天講四個小時,我們覺得他很辛苦。這是什麼?這個世間眾生根基陋劣,福報微小,而且什麼?業障深重,勞累佛菩薩非常辛苦、非常的努力來講經說法、來度我們。但是這個彌勒菩薩他所感召的眾生那根性都很利,業障很輕,福報很大,所以只需要講三會,龍華三會全得度。所以這裡講,「龍華三會願相逢」,是希望我們將來彌勒菩薩下生成佛的時候,我們也一起來參與法會,做彌勒菩薩的影響眾,我們也來聽經,帶動大家一起來聽經聞法。但是我們現在往生西方極樂世界之後,那個時候乘願再來,那身分就不同,我們的身分是阿惟越致菩薩。所以在彌勒菩薩這個法會上,我們不是凡夫,我們是幫助彌勒菩薩來度眾生。所以我們從極樂世界再來,我們現在有這個願,將來在龍華三會上相逢。如果你現在不往生,那你就可能沒辦法相逢,到時候不知道你在哪一道受苦,所以一定要先往生。

「演說法真宗」,就是講彌勒菩薩成佛了,講經說法,講的法真宗。那我們問彌勒佛彌勒尊佛到時候會講什麼法門?我先告訴大家就是講淨土法門,勸導這與會大眾念阿彌陀佛求生西方極樂世界。那你說你怎麼知道,你能肯定嗎?我能肯定。什麼原因?有幾條。第一個,彌勒菩薩,你看在靈山會上直接承傳釋迦牟尼佛的淨土法門。我們讀《無量壽經》讀得很清楚,《無量壽經》兩位當機眾,一位是阿難尊者,一位是彌勒菩薩,而且釋迦牟尼佛親自將淨土法門付囑給彌勒菩薩,付囑流通,所以彌勒菩薩就要承擔起流通淨土法門的使命,這是世尊給他的衣缽。釋迦牟尼佛是第四尊佛,賢劫第四尊佛,彌勒菩薩是第五尊佛,這個衣缽傳承下去,到彌勒菩薩成佛的時候他能不講淨土法門嗎?不講淨土法門就對不起世尊這個衣缽的傳授。況且彌勒菩薩他也常常到西方極樂世界,跟極樂世界緣特別深。何以見得?《普賢菩薩行願品》裡頭講到,我們到了極樂世界,現前就見到彌勒菩薩。所以我們想見彌勒菩薩,到西方極樂世界就能見到。

到了龍華三會的時候,彌勒菩薩的分身還在極樂世界,他會邀請你一起到龍華三會,你就龍華三會願相逢,聽彌勒菩薩演說淨土法真宗。更何況這個法門十方諸佛都宣說,哪一尊佛不宣說淨土法門?彌勒菩薩,彌勒尊佛能例外嗎?所以我們很幸運這一生已經獲得了龍華三會的法真宗,你不用等那麼久到龍華三會才聽這個法,現在已經得到了。你就老實念阿彌陀佛求生西方,到時候你跟彌勒菩薩一起下凡,那個時候你們是倆師兄弟,他是你的師兄,你是他師弟。為什麼?因為彌勒菩薩在西方極樂世界,他是阿彌陀佛的學生,你現在到西方極樂世界,你也是阿彌陀佛的學生,你看你倆是師兄弟的關係。下了凡間,你是幫助他老人家來成佛,輩分都不一樣。他們等到龍華三會才聽法的,那是彌勒菩薩的學生,比你晚一輩的,你想想咱們多幸運。遇到淨土法門,可千萬千萬不能錯過,這一生一定要往生西方。


恭錄自《修行与生活座談會》第154
2012/3/31